Pendampingan Umkm Kelurahan Lamper Lor, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Melalui Pemasaran Digital

Pendampingan Umkm Kelurahan Lamper Lor, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Melalui Pemasaran Digital

Authors

  • Adhi Widyakto Universitas Semarang
  • Edy Suryawardana Universitas Semarang
  • Johanis Souisa Universitas Semarang
  • Susanto Susanto Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31941/dimaseka.v1i1.4

Keywords:

Digitalisasi Marketing Jangkauan Produk Penjualan Meningkat.

Abstract

 Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk membantu meningkatkan
penjualan bagi UMKM di Kelurahan Lamper Lor yang terdampak pandemi COVID 19.
Dengan adanya kondisi pandemi ini maka UMKM di tuntut untuk bertahan agar terhindar
dari kebangkrutan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada
masyarakat ini yaitu dengan memberikan pelatihan secara langsung dengan tutorial
dilapangan dengan mengajarkan cara menerapkan digital marketing atau pemasaran
online. Hasil yang diharapkan yaitu pasar produk UMKM di Kelurahan Lamper Lor
mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas tentunya dengan produk yang dikenali dan
mudah di akses oleh konsumen.

References

Barnes, S. (2015). Like, Follow, Share: Social Media Marketing to Maximize Your Online Potential. California, USA: Tycho Press.

Chaffey, D. (2015). Digital Business and E-Commerce Management, 6th Edition. Pearson Education, Inc. UK

http://jdih.pom.go.id/produk/keputusan%20 kepala%20BPOM/HK.1.23. 6.pdf

Hootsuite, We are Social, Source: Globalwebindex (Q2 & Q3 2018), Figures Represent The Findings of a Broad Survey of Internet Users Aged 16-64

Jantsch, J. (2015). Total Online Presence: The Seven Essential Stages. Dalam M. Meyerson, Success Secrets of the Online Marketing Superstars (hal. 17-23). USA: Entrepreneur Press.

Kotler, P. dan Keller, K. (2016). Marketing ManagementI, 15th Edition. Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, N.J

Kuncoro, M. (2000). Usaha Kecil di Indonesia: Profil, Masalah dan Strategi Pemberdayaan. Sumber, 7, 6-8.

Novitasasi, Dewiana. Erni Taruli dkk.(2022).Pelatihan Digital Marketing dan Sosial Media Marketing terhadap pelaku UMKM di Tangerang.Journal Of Community Servie and Engagement. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan

Nugroho, A. (2017). DPRD DIY Usulkan Ekonomi Kreatif, Koperasi dan UKM Dilindungi Perda. Retrieved from Tribunjogja.com website: https://jogja.tribunnews.com/2017/09/25/dprd-diy-usulkan-ekonomi-kreatifkoperasi-dan-ukm-dilindungi-perd

Purwanti, E. (2013). Pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran terhadap perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. Jurnal Ilmiah Among Makarti, 5(9)

Sonya Renanthanda Niagara1 “Izin yang dikeluarkan BPOM tentang makanan dalam dan luar negeri”., Fakutas Hukum Universitas Sriwijaya Indralaya E-mail: [email protected]

Turban, E., King, D., Lee, J., Liang, T.-P., & Turban, D. (2012). Electronic Commerce 2012, 7th Ed. London: Pearson Education.

Rachmawati, Fitri. 2018. Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Jurusan Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi. Surabaya.

Ridwan, Iwan Muhammad. Dkk. 2019. Penerapan Digital marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. JURNAL ABDIMAS BSI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 2 No. 1 Februari 2019, Hal. 137-142. E-ISSN : 2614- 6711.

Widyakto.Adhi. Surwardana Edy dkk.(2022). Pendampingan UMKM Kelurahan Peterongan Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang melalui pemasaran digital.Journal Masyarakat Merdeka. Volume (5) Nomor (II) November

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Widyakto, A., Suryawardana, E., Souisa, J., & Susanto, S. (2023). Pendampingan Umkm Kelurahan Lamper Lor, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Melalui Pemasaran Digital: Pendampingan Umkm Kelurahan Lamper Lor, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Melalui Pemasaran Digital. DIMASEKA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 29–36. https://doi.org/10.31941/dimaseka.v1i1.4

Issue

Section

Article